Peer Review Process
Proses publikasi artikel di Edu-MI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mengikuti tahapan sistematis untuk menjamin kualitas dan integritas ilmiah. Berikut ini adalah alur publikasi yang diterapkan:
- Pengiriman Naskah (Submission):
Penulis mengirimkan naskah secara online melalui sistem OJS (Open Journal System) dengan mengikuti panduan penulisan dan template yang telah disediakan. - Pemeriksaan Administratif Awal (Initial Screening):
Tim editor akan memeriksa kelengkapan administrasi, kesesuaian dengan fokus dan scope jurnal, orisinalitas, serta potensi plagiarisme menggunakan perangkat cek plagiarisme. - Penilaian oleh Editor (Editorial Review):
Editor melakukan penilaian awal terhadap kualitas substansi naskah. Naskah yang memenuhi standar awal akan dilanjutkan ke proses review. - Peer Review (Tinjauan Sejawat):
Naskah yang lolos tahap editorial dikirim kepada dua mitra bestari (reviewer) yang relevan di bidangnya, menggunakan sistem double-blind review. Proses ini biasanya memakan waktu 2–4 minggu. - Keputusan Editorial (Editorial Decision):
Berdasarkan hasil review, editor akan mengambil keputusan: - Diterima tanpa revisi,
- Diterima dengan revisi minor,
- Perlu revisi mayor, atau
- Ditolak.
Penulis akan diberi kesempatan untuk merevisi naskah sesuai masukan reviewer. - Revisi oleh Penulis (Author Revision):
Penulis mengirimkan naskah hasil revisi beserta tanggapan terhadap komentar reviewer. Jika revisi disetujui, naskah akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. - Final Editing dan Proofreading:
Naskah yang telah diterima secara final akan melalui proses penyuntingan akhir dan pemeriksaan tata bahasa, format, dan layout. - Publikasi Online:
Artikel yang telah lolos seluruh proses akan dipublikasikan secara daring di website jurnal dan tersedia secara open access






