Peer Review Process

Proses publikasi artikel di Edu-MI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mengikuti tahapan sistematis untuk menjamin kualitas dan integritas ilmiah. Berikut ini adalah alur publikasi yang diterapkan:

  1. Pengiriman Naskah (Submission):
    Penulis mengirimkan naskah secara online melalui sistem OJS (Open Journal System) dengan mengikuti panduan penulisan dan template yang telah disediakan.
  2. Pemeriksaan Administratif Awal (Initial Screening):
    Tim editor akan memeriksa kelengkapan administrasi, kesesuaian dengan fokus dan scope jurnal, orisinalitas, serta potensi plagiarisme menggunakan perangkat cek plagiarisme.
  3. Penilaian oleh Editor (Editorial Review):
    Editor melakukan penilaian awal terhadap kualitas substansi naskah. Naskah yang memenuhi standar awal akan dilanjutkan ke proses review.
  4. Peer Review (Tinjauan Sejawat):
    Naskah yang lolos tahap editorial dikirim kepada dua mitra bestari (reviewer) yang relevan di bidangnya, menggunakan sistem double-blind review. Proses ini biasanya memakan waktu 2–4 minggu.
  5. Keputusan Editorial (Editorial Decision):
    Berdasarkan hasil review, editor akan mengambil keputusan:
    • Diterima tanpa revisi,
    • Diterima dengan revisi minor,
    • Perlu revisi mayor, atau
    • Ditolak.
      Penulis akan diberi kesempatan untuk merevisi naskah sesuai masukan reviewer.
  6. Revisi oleh Penulis (Author Revision):
    Penulis mengirimkan naskah hasil revisi beserta tanggapan terhadap komentar reviewer. Jika revisi disetujui, naskah akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.
  7. Final Editing dan Proofreading:
    Naskah yang telah diterima secara final akan melalui proses penyuntingan akhir dan pemeriksaan tata bahasa, format, dan layout.
  8. Publikasi Online:
    Artikel yang telah lolos seluruh proses akan dipublikasikan secara daring di website jurnal dan tersedia secara open access