Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kec. Bumi Agung Kab. Way Kanan T.P 2024/2025
Keywords:
Pembelajaran, Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, IPASAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan penyesuaian pembelajaran sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik masing–masing sehingga dapat meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik. Inovasi dengan menggunakan pembelajaran diferensiasi diperlukan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran pada kelas yang memiliki sebaran yang beraneka ragam. Tujuan Penelitian ini adalah Mengidentifikasi proses penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 01 Pisang Baru Bumi Agung Kabupaten Way Kanan, mengetahui tingkat efektivitas strategi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan dan mengetahui tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SDN 01 Pisang Baru Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumen tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui tahapan wawancara, dokumentasi dan observasi pada saat penelitian. Tahapan analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahapan uji keabsahaan data menggunakan trianggulasi sumber. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di SDN 01 Pisang Baru diterapkan dengan menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan tingkat kesiapan siswa. Guru menggunakan berbagai strategi seperti pengelompokan fleksibel, pemanfaatan media pembelajaran yang variatif, serta asesmen formatif untuk menyesuaikan instruksi kepada setiap siswa
Downloads
References
Devita Sa’diyah, Hendratno, Heru Subrata, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, volume 6, Nomor 5 tahun 2022
Dian Islamiyati dkk, Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas V SDN 1 Mataram, Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 2. 2023
Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen Pendidikan Kepala Sekolah Dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 7-15. https://doi.org/10.63097/vsgqcx74
Dinata, F. R., & Novianti, D. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Al Quran Hadits Pada Siswa di MTs Al Hidayah Sukabumi Pakuan Ratu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.63097/zh1frc15
Dinata, F. R., & Hadi, S. (2024). Penerapan Manajemen Pembelajaran Menggunakan Metode Salafiyah di Pondok Pesantren Darul Ulum Al Bahriyah Gisting Jaya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 50-55. https://doi.org/10.63097/6gkrv212
Malik, M. A. M., Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2025). Tantangan dan Peluang Manajemen Pendidikan Islam dalam Penguatan Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 15-22. https://doi.org/10.63097/6m6rfn42
Nursanjaya, Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis Untuk Memudahkan Mahasiswa, Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 4, No. 1, April 2021
Hasanah, O.N, Sukartono, Penerapan Pembelajaran Bersiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar, ELSE (Elementary School Education Journal), Vol. 8, No. 1, Februari 2024
Nyi Safitri1, Safriana, Nurul Fadieny, Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF), Vol. 3; No. 2; 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmad Fauzan, Feri Riski Dinata, Devita Sa’diyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





