Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kec. Bumi Agung Kab. Way Kanan T.P 2024/2025

Authors

  • Rahmad Fauzan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Feri Riski Dinata Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Devita Sa’diyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author

Keywords:

Pembelajaran, Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, IPAS

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan penyesuaian pembelajaran sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik masing–masing sehingga dapat meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik. Inovasi dengan menggunakan pembelajaran diferensiasi diperlukan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran pada kelas yang memiliki sebaran yang beraneka ragam. Tujuan Penelitian ini adalah Mengidentifikasi proses penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 01 Pisang Baru Bumi Agung Kabupaten Way Kanan, mengetahui tingkat efektivitas strategi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan dan mengetahui tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SDN 01 Pisang Baru Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumen tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui tahapan wawancara, dokumentasi dan observasi pada saat penelitian. Tahapan analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahapan uji keabsahaan data menggunakan trianggulasi sumber. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di SDN 01 Pisang Baru diterapkan dengan menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan tingkat kesiapan siswa. Guru menggunakan berbagai strategi seperti pengelompokan fleksibel, pemanfaatan media pembelajaran yang variatif, serta asesmen formatif untuk menyesuaikan instruksi kepada setiap siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devita Sa’diyah, Hendratno, Heru Subrata, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, volume 6, Nomor 5 tahun 2022

Dian Islamiyati dkk, Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas V SDN 1 Mataram, Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia Vol. 3 No. 2. 2023

Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen Pendidikan Kepala Sekolah Dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 7-15. https://doi.org/10.63097/vsgqcx74

Dinata, F. R., & Novianti, D. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Al Quran Hadits Pada Siswa di MTs Al Hidayah Sukabumi Pakuan Ratu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.63097/zh1frc15

Dinata, F. R., & Hadi, S. (2024). Penerapan Manajemen Pembelajaran Menggunakan Metode Salafiyah di Pondok Pesantren Darul Ulum Al Bahriyah Gisting Jaya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 50-55. https://doi.org/10.63097/6gkrv212

Malik, M. A. M., Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2025). Tantangan dan Peluang Manajemen Pendidikan Islam dalam Penguatan Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 15-22. https://doi.org/10.63097/6m6rfn42

Nursanjaya, Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis Untuk Memudahkan Mahasiswa, Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 4, No. 1, April 2021

Hasanah, O.N, Sukartono, Penerapan Pembelajaran Bersiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar, ELSE (Elementary School Education Journal), Vol. 8, No. 1, Februari 2024

Nyi Safitri1, Safriana, Nurul Fadieny, Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF), Vol. 3; No. 2; 2023

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kec. Bumi Agung Kab. Way Kanan T.P 2024/2025. (2025). Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28-32. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/10