Peran Deep Learning dalam Optimalisasi Proses Manajemen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
Keywords:
Deep Learning, Optimalisasi, Manajemen PembelajaranAbstract
Dalam era digital saat ini, teknologi informasi telah menjadi komponen yang sangat penting dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong lahirnya berbagai inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang menjanjikan adalah penerapan deep learning dalam manajemen pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Deep learning, sebagai bagian dari kecerdasan buatan (artificial intelligence), memiliki kemampuan untuk memproses data dalam jumlah besar, mengenali pola, dan menghasilkan prediksi yang akurat. Teknologi ini dapat membantu mengoptimalkan proses belajar mengajar melalui analisis kebutuhan belajar siswa, meningkatkan efisiensi pengelolaan data akademik, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih personal sesuai kemampuan dan gaya belajar masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran deep learning dalam manajemen pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, dengan menggunakan studi pustaka sebagai metode utama. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan deep learning berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa, mempermudah pengambilan keputusan manajerial, serta mendorong inovasi pembelajaran yang berkelanjutan di lingkungan madrasah
Downloads
References
Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Qomarudin, M. (2024). Karakter Islam Refleksi Untuk Pendidikan (Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru). Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 218-226. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i3.3843
Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen ekstrakurikuler bidang musik dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di SMK PGRI Sumber Agung. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16-23. https://doi.org/10.63097/p74v3702
Hamdan, H. D., & Dinata, F. R. (2025). Transformasi Digital dalam Pengelolaan Pendidikan Islam di SMP Al Hikmah Pisang Baru. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 01-07. https://doi.org/10.63097/8xpr2f82
Hidayati, N. & Rahman, A. (2020). "Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Madrasah Ibtidaiyah." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 45-58
Pramudito, E. (2022). "Implementasi Deep Learning dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan." Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 201-215
riski Dinata, F., & Novianti, D. (2024). Manajemen Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Bumi Agung. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 24-31. https://doi.org/10.63097/ka534k54
Wahyu, S. (2023). "Inovasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pemanfaatan AI." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(4), 89-102
Zhang, Q., Liu, X., & Wang, Y. (2021). Deep learning-based recommendation systems in education: Improving student engagement and performance. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 31(3), 456–478
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feri Riski Dinata, Ali Kuswadi, Dwi Novianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





