Peran Deep Learning dalam Optimalisasi Proses Manajemen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Feri Riski Dinata Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Ali Kuswadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Dwi Novianti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author

Keywords:

Deep Learning, Optimalisasi, Manajemen Pembelajaran

Abstract

Dalam era digital saat ini, teknologi informasi telah menjadi komponen yang sangat penting dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong lahirnya berbagai inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang menjanjikan adalah penerapan deep learning dalam manajemen pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Deep learning, sebagai bagian dari kecerdasan buatan (artificial intelligence), memiliki kemampuan untuk memproses data dalam jumlah besar, mengenali pola, dan menghasilkan prediksi yang akurat. Teknologi ini dapat membantu mengoptimalkan proses belajar mengajar melalui analisis kebutuhan belajar siswa, meningkatkan efisiensi pengelolaan data akademik, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih personal sesuai kemampuan dan gaya belajar masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran deep learning dalam manajemen pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, dengan menggunakan studi pustaka sebagai metode utama. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan deep learning berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa, mempermudah pengambilan keputusan manajerial, serta mendorong inovasi pembelajaran yang berkelanjutan di lingkungan madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Qomarudin, M. (2024). Karakter Islam Refleksi Untuk Pendidikan (Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru). Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 218-226. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i3.3843

Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen ekstrakurikuler bidang musik dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di SMK PGRI Sumber Agung. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16-23. https://doi.org/10.63097/p74v3702

Hamdan, H. D., & Dinata, F. R. (2025). Transformasi Digital dalam Pengelolaan Pendidikan Islam di SMP Al Hikmah Pisang Baru. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 01-07. https://doi.org/10.63097/8xpr2f82

Hidayati, N. & Rahman, A. (2020). "Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Madrasah Ibtidaiyah." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 45-58

Pramudito, E. (2022). "Implementasi Deep Learning dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan." Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 201-215

riski Dinata, F., & Novianti, D. (2024). Manajemen Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Bumi Agung. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 24-31. https://doi.org/10.63097/ka534k54

Wahyu, S. (2023). "Inovasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pemanfaatan AI." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(4), 89-102

Zhang, Q., Liu, X., & Wang, Y. (2021). Deep learning-based recommendation systems in education: Improving student engagement and performance. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 31(3), 456–478

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Peran Deep Learning dalam Optimalisasi Proses Manajemen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. (2025). Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 33-36. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/12