Implementasi  Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengembangkan  Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Pelajaran Matematika di UPT SDN 01 Pisang Baru Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Putri Lailasari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Muhammad Ilyas Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Dewi Nur Aini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Percaya Diri, Implementasi Pembelajaran

Abstract

Pentingnya Pendidikan untuk mengembangkan potensi individu, keberagaman yang dimiliki siswa menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru untuk melakukan berbagai upaya agar proses pembelajaran membawa keberhasilan bagi setiap siawa. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan satu cara untuk guru memenuhi kebutuhan setiap siswa, karena pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana siswa dapat mempelajari materi sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya sehingga mereka tidak frustasi dan merasa gagal dalam belajarnya. Tujuan yang ingin di capai  yaitu Implementasi Pembelajaran berdiferensiasi untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa,  Kepercayaan diri menjadikan anak lebih mudah dalam mengambil keputusan dan tidak gampang bergantungan dengan orang lain, anak mampu memaksimalkan kemampuannya, dan anak akan dapat menilai kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data dan penyajian data, yang kemudian diperiksa keabsahannya. Penelitian ini menghasilkan paparan yang mendalam mengenai ucapan, tulisan, maupun seseorang. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi mendorong tumbuhnya kepercayaan diri dan perkembangan pribadi mereka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusyady & Sudaryana, Bambang.2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama

Abdurrahman Saleh Abdullah. 2022. Pendidikan sebagai Proses Pembangunan Masyarakat. Bandung: Penerbit Pendidikan Nasional

Alkin, A. K., & Dinata, F. R. (2025). Manajemen Kepala Sekolah dalam Penerapan Metode Time Blocking di SD Negeri Muara Payang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 38-43. https://doi.org/10.63097/mt0mss49

Azha, A. N. K., Dinata, F. R., & Mahmud, A. (2025). Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman Guru di SMP Negeri 2 Buay Bahuga. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 33-37. https://doi.org/10.63097/xy0prv88

Dinata, F. R., Qomarudin, M., Kuswadi, A., & Marlina, M. (2025). Asesmen pembelajaran PAI (teknik dan instrumen asesmen ranah pengetahuan psikomotor) kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33-41. https://doi.org/10.30599/v0f03006

Effendi, Moh. Mahfud.2024. Strategi Kognitif Dan Kepercayaan Diri Dalam Implementasi Kurikulum Matematika Berbasis UKBM. Malang: Mobs Publishing CV. Ampuh Multi Rejeki

Feri, F. R. D. (2025). Integrasi Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 28-32. https://doi.org/10.63097/f75r7p71

Kristiani, Heny. dkk.2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia

Kurniawan, Hernu. 2021. Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish

Lauster. 2019. Tes Kepribadian. (D. H. Gulo, Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara

Murdawani.2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama

Purwowidodo, Agus & Zain, Muhamad.2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka

Putri, N. U., & Prastyo, D. (2025). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap sikap percaya diri siswa kelas IV SDN Dukuh Kupang II Surabaya. Jurnal Citra Pendidikan, 5(1), 136-145. https://doi.org/10.38048/jcp.v5i1.5175

Sugiono.2022. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Implementasi  Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengembangkan  Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV Pelajaran Matematika di UPT SDN 01 Pisang Baru Tahun Pelajaran 2024/2025. (2025). Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-6. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/5