Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SDN 01 Pisang Baru Bumi Agung Way Kanan T.P 2024/2025

Authors

  • Anisa Jannah Umaroh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Hendy Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author
  • Nurkholis Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung Way Kanan Author

Keywords:

LKPD Berbasis Proyek, Hasil belajar, Kuasi-Eksperimen, Pendidikan Pancasila

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di UPT SD Negeri 01 Pisang Baru Bumi Agung Way Kanan disimpulkan bahwa belum ada pendamping bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa di UPT SD Negeri 01 Pisang Baru Bumi Agung Way Kanan belum pernah menggunakan tambahan bahan ajar seperti LKPD berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan LKPD berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Simbol Keragaman Agama dengan menggunakan LKPD berbasis proyek. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Kelompok eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis proyek dan kelompok kontol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKPD berbasis proyek secara signifikan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan metode konvensional. Peningkatan ini terlihat dari posttest yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis proyek efektif terhadap hasil belajar peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, E. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo)

Alkin, A. K., & Dinata, F. R. (2025). Manajemen Kepala Sekolah dalam Penerapan Metode Time Blocking di SD Negeri Muara Payang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 38-43. https://doi.org/10.63097/mt0mss49

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(2). Https://Doi.Org/10.26714/Jsunimus.6.2.2018.%25p

Azha, A. N. K., Dinata, F. R., & Mahmud, A. (2025). Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman Guru di SMP Negeri 2 Buay Bahuga. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 33-37. https://doi.org/10.63097/xy0prv88

Dinata, F. R., Manan, A., & Novianti, D. (2024). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan suasana disiplin kerja tenaga guru di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 31-43. https://doi.org/10.63097/bpgf3242

Fatimah, N. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPAS Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Kelas IV SDN 07 Ikur Koto Kota Padang (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)

Feri, F. R. D. (2025). Integrasi Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 28-32. https://doi.org/10.63097/f75r7p71

Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research And Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350-356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SDN 01 Pisang Baru Bumi Agung Way Kanan T.P 2024/2025. (2025). Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 7-11. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/6