Penerapan Pembelajaran Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Kelas IV Materi Ruas Bangun Ruang di SDN 01 Lebung Lawe
Keywords:
Metode, Contectual Teaching and Learing, metode CTL, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, keefektifan, dan faktor yang memepengaruhi keefektifan penggunaan metode CTL pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 01 Lebung Lawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan CTL dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksaan, dan pengamatan. Tahap perencanaan dengan mempersiapkan materi, metode CTL, LKPD, dan soal tes. Tahap pelaksanaan terdiri dari tiga langkah, yaitu tahap pertama pembukaan, kedua inti dengan pembelajaran mengkonstruktivisme, masyarakat belajar, pemodelan, inkuiri, bertanya, refleksi, dan penilaian autentik. Pada tahap ketiga penutup; (2) Metode CTL efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika. Hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pada Pra Siklus terdapat 42% , pada Siklus I terdapat 74% , dan pada Siklus II terdapat 95% ; (3)Faktor yang mempengaruhi efektifitas penerapan metode CTL dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah kemampuan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, guru dalam pembelajaran menggunakan metode CTL selalu mengalami peningkatan pada pra siklus skor 54%, pada siklus I skor 68%, siklus II skor 93%. Dan aktivitas siswa pra siklus skor 52%, siklus I skor 71%, dan siklus II skor 96% dalam kategori baik sekali
Downloads
References
Abdul Rahman, 2021. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset. Jawa Barat: Guepedia
Alkin, A. K., & Dinata, F. R. (2025). Manajemen Kepala Sekolah dalam Penerapan Metode Time Blocking di SD Negeri Muara Payang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 38-43. https://doi.org/10.63097/mt0mss49
Azha, A. N. K., Dinata, F. R., & Mahmud, A. (2025). Peran Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pemahaman Guru di SMP Negeri 2 Buay Bahuga. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 33-37. https://doi.org/10.63097/xy0prv88
Departemen Pendidikan Nasional, 2006. .Jakarta: Badan Standar Nasional
Dinata, F. R., Qomarudin, M., Kuswadi, A., & Marlina, M. (2025). Asesmen pembelajaran PAI (teknik dan instrumen asesmen ranah pengetahuan psikomotor) kelas X SMK Muhammadiyah Tawang Rejo. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33-41. https://doi.org/10.30599/v0f03006
Feri, F. R. D. (2025). Integrasi Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 28-32. https://doi.org/10.63097/f75r7p71
Kadir et.al, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II): 2019. Pembelajaran Matematika Dalam Era Revolusi Industri 4.0.Universitas Halu Oleo Press.
Nining Mariyaningsih & Mistina Hidayati, 2018. Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif . Surakarta: CV Kekata Group.
Hudoyo, H. 2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. IMSTEP JICA: Universitas Negeri Malang
Lexy J.Moleong,Metodologi, 2017. Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
Sugiyono,2017. Metode Penelitian Kualittatif,Dan R&D. Bandung:Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Depi, Slamet Pujiono, Slamet Rianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





