Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer bagi Santri Mahasiswa Ma’had al-Jami’ah Al-Hikmah Way Kanan
Keywords:
Literasi, Penulisan Ilmiah Populer, Santri Mahasiswa, Ma’had al-Jami’ahAbstract
Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer dilaksanakan di Ma’had al-Jami’ah Al-Hikmah Way Kanan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam meningkatkan kemampuan literasi menulis santri mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara awal, sebagian besar santri memiliki kemampuan dasar menulis yang baik, tetapi belum mampu menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan populer yang menarik, komunikatif, dan sesuai kaidah penulisan ilmiah ringan. Kegiatan ini dirancang untuk melatih santri dalam menulis karya ilmiah populer yang mampu menjembatani bahasa akademik dan bahasa publik. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, praktik langsung, pendampingan penulisan, dan penilaian hasil karya. Peserta workshop terdiri atas 15 santri mahasiswa Ma’had al-Jami’ah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam menemukan ide tulisan, menyusun alur logis, dan menggunakan bahasa komunikatif. Sebanyak 80% peserta mampu menghasilkan tulisan populer dengan struktur yang baik dan layak publikasi di media internal kampus. Workshop ini efektif dalam menumbuhkan budaya literasi dan menjadi langkah awal pembentukan Komunitas Penulis Santri di lingkungan Ma’had al-Jami’ah Al-Hikmah Way Kanan.
Downloads
References
Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Marlina, M. (2025). Kolaborasi Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam: Model Manajemen Kemitraan Berkelanjutan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 8-14. https://doi.org/10.63097/9s94b812
Dinata, F. R., Qomarudin, M., Assagaf, L., & Maharani, D. S. (2025). Pemanfaatan artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan kreativitas guru RA Raudhotu Tolibin Pisang Indah pada perencanaan pembelajaran. El-Mumtaz: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 30-35. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/elmumtaz/article/view/23
Fauzan, R., Dinata, F. R., & Sa’diyah, D. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kec. Bumi Agung Kab. Way Kanan TP 2024/2025. Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28-32. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/10
Rahmah, S., & Suryani, N. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Menulis Mahasiswa melalui Pelatihan Karya Tulis Populer. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Pendidikan, 4(1), 22–30.
Salsabila, H. (2021). Menulis Karya Ilmiah Populer sebagai Wahana Dakwah Ilmiah. Jurnal Komunikasi Islam, 9(2), 145–159.
Freire, P. (2018). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.
Qomarudin, M., Dinata, F. R., & Mahmud, A. (2025). Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MI Guppi Pisang Baru Bumi Agung Way Kanan. Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 18-22. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Novianti, Ermayanti Ermayanti, Dewi Nuraini, Dewi Sinta Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





