Pelatihan Praktik Pengurusan Jenazah bagi Santri Mahasiswa Ma’had al-Jami’ah Al-Hikmah sebagai Penguatan Kompetensi Mimbar Pesantren
Keywords:
Pelatihan, Mimbar Pesantren, Pengurusan JenazahAbstract
Keterampilan pengurusan jenazah merupakan bagian penting dalam penguatan kompetensi keagamaan bagi santri yang dipersiapkan untuk menjadi agen dakwah di masyarakat. Namun, observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar santri mahasiswa Ma’had al-Jami’ah Al-Hikmah masih memiliki pengetahuan teoritis yang terbatas dan belum memiliki pengalaman praktik langsung dalam pengurusan jenazah sesuai tuntunan fikih. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi santri melalui pelatihan praktik pengurusan jenazah sebagai bagian dari pembelajaran Mimbar Pesantren. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, demonstrasi, dan praktik langsung yang dipandu oleh instruktur berkompeten. Evaluasi dilakukan melalui observasi keterampilan praktik dan respons peserta melalui kuesioner. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan santri dalam tahapan memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah. Selain itu, santri menunjukkan rasa percaya diri lebih tinggi untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam konteks kemasyarakatan. Dengan demikian, pelatihan ini efektif dalam memperkuat kompetensi keagamaan dan keterampilan dakwah santri, serta direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dan terstruktur sebagai bagian integral dari kurikulum Ma’had al-Jami’ah
Downloads
References
Dinata, F. R., Qomarudin, M., Assagaf, L., & Maharani, D. S. (2025). Pemanfaatan artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan kreativitas guru RA Raudhotu Tolibin Pisang Indah pada perencanaan pembelajaran. El-Mumtaz: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 30-35. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/elmumtaz/article/view/23
Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Marlina, M. (2025). Kolaborasi Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam: Model Manajemen Kemitraan Berkelanjutan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 8-14. https://doi.org/10.63097/9s94b812
Fauzan, R., Dinata, F. R., & Sa’diyah, D. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Pisang Baru Kec. Bumi Agung Kab. Way Kanan TP 2024/2025. Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 28-32. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/10
Hidayat, A. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan masyarakat berbasis dakwah sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 115–124.
Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Pearson Education.
Maulana, R. (2022). Penerapan pembelajaran praktik fikih jenazah dalam meningkatkan keterampilan ibadah santri. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 45–58.
Qomarudin, M., Dinata, F. R., & Mahmud, A. (2025). Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MI Guppi Pisang Baru Bumi Agung Way Kanan. Edu-MI Al Hikmah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 18-22. https://ejournal.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/edumi/article/view/8
Sari, N., & Fathurrahman, M. (2020). Pengaruh pelatihan ibadah praktis terhadap peningkatan kepercayaan diri santri dalam pelayanan keagamaan. Jurnal Tarbiyah dan Keagamaan, 8(3), 201–210.
Zuhri, M., & Alim, S. (2018). Tuntunan Praktis Pengurusan Jenazah dalam Perspektif Fikih Syafi’i. Jurnal Fiqh dan Ushuluddin, 12(1), 77–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feri Riski Dinata, Amir Mahmud, Yoga Prasetyo, Dewi Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





