Pendampingan Penguatan Literasi Keagamaan Moderat bagi Siswa SMK Persada Nusantara
Keywords:
Literasi Keagamaan, Moderat, Penguatan Literasi, Moderasi BeragamaAbstract
Literasi keagamaan moderat menjadi kebutuhan mendesak di era globalisasi, terutama bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin masa depan. Artikel ini membahas kegiatan pendampingan penguatan literasi keagamaan moderat bagi siswa SMK Persada Nusantara, Kec. Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai agama yang moderat dan toleran, serta mencegah radikalisasi yang dapat merugikan masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan, diskusi kelompok, dan pengembangan materi ajar berbasis konteks lokal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya toleransi beragama dan penguatan identitas keagamaan yang moderat. Temuan utama mengindikasikan bahwa siswa yang terlibat dalam program ini menunjukkan sikap lebih terbuka terhadap perbedaan dan mampu berdiskusi secara konstruktif tentang isu-isu keagamaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam pengembangan literasi keagamaan yang moderat
Downloads
References
Al Hasanah, A. N., Dinata, F. R., Rianto, S., & Qomarudin, M. (2025). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode ‘Ilman Wa Ruuhan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 28-35. https://doi.org/10.63097/nnv16566
Dinata, F. R., Kuswadi, A., & Marlina, M. (2025). Kolaborasi Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam: Model Manajemen Kemitraan Berkelanjutan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 8-14. https://doi.org/10.63097/9s94b812
Hasan, A. (2020). Critical Thinking in Religious Education: An Essential Skill for Students. Journal of Educational Research, 15(2), 123-134.
Hidayah, N. (2021). Evaluasi Program Literasi Keagamaan di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 45-58.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Panduan Penguatan Literasi Keagamaan. Jakarta: Kementerian Agama.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Laporan Tahunan Kementerian Agama. Jakarta: Kementerian Agama.
Lestari, S. (2020). Feedback in Educational Programs: Importance and Implementation. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(3), 89-102.
Prabowo, R. (2022). The Role of Critical Thinking in Religious Education. International Journal of Educational Studies, 9(4), 215-228.
Rahman, M. (2021). Moderation in Religion: A Key to Peaceful Coexistence. Religious Studies Review, 18(1), 67-75.
Rachmawati, D. (2019). Observational Methods in Educational Research. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 34-50.
riski Dinata, F., & Novianti, D. (2024). Manajemen Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Bumi Agung. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 24-31. https://doi.org/10.63097/ka534k54
Sari, D. (2019). Group Discussion as a Tool for Enhancing Tolerance Among Students. Journal of Social Science Education, 14(2), 112-120.
Setiawan, I. (2019). Collaborative Learning in Religious Education: Benefits and Challenges. Journal of Educational Development, 10(3), 200-210.
Supriyadi, E. (2022). Understanding Religious Moderation Among Students: A Qualitative Study. International Journal of Religious Studies, 11(1), 47-59.
Yulianto, B. (2020). Participatory Approaches in Education: Engaging Students for Better Learning Outcomes. Journal of Educational Innovation, 5(1), 15-30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muslih Qomarudin, Muhammad Ilyas, Esoniman Esoniman, Ririn Alifia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





